Tuesday, May 29, 2012

#SepenggalSelasa - Kita Bicara Tentang Kesempatan #2


Kesempatan biasanya datang bersamaan dengan tantangan.

Kita memang tak pernah dapat mengira kapan sebuah kesempatan datang menghampiri kita. Kesempatan adalah suatu hal yang tak dapat kita prediksi kehadirannya. Namun, satu hal yang pasti bahwa kesempatan memang datang bersamaan dengan sebuah tantangan. Kita jelas tak akan mendapat sebuah kesempatan jika kita tidak berani menghadapi tantangan.

Just think about this: opportunity comes when we see something bigger upon us, right? Would we call something usual or smaller than what we do now as an opportunity? NO! We call something as an opportunity or chance just when we know that we will be a better and greater person if we can deal with that thing.

Yes, opportunity is a big thing…

Orang besar ialah orang yang berhasil memaksimalkan kesempatan yang datang kepada mereka dengan sebaik-baiknya.   Tak ada satupun orang yang menjadi besar tanpa melalui kesempatan-kesempatan yang datang kepada mereka. Sekarang pertanyaannya ialah, apakah kita siap ketika kesempatan datang pada kita? Siapkah kita ketika sebuah promosi menghampiri? Siapkah kita saat tanggung jawab yang lebih besar diberikan pada kita? Siapkah kita saat hubungan terjalin ke jenjang yang lebih lanjut?

Are we ready yet? Because whatever the condition -- ready or not -- opportunity will come upon us, and what happen next will depend on our readiness.

Responi dengan baik setiap tantangan-tantangan kecil yang ada di depan kita. Dengan begitu kita akan siap menghadapi tantangan yang besar nantinya. Karena seringkali kesempatan datang bersamaan dengan tantangan. Perlengkapi diri kita dengan melakukan hal-hal kecil, karena dengan begitu kita akan siap menghadapi hal besar yang akan datang kepada kita.

Saya percaya satu hal bahwa ketika kita tidak bisa melakukan dengan baik hal atau kesempatan kecil yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari, maka kita juga tidak dapat melakukan dengan baik hal atau kesempatan besar yang akan datang kemudian. Apa yang kecil yang biasa kita lakukan adalah bentuk persiapan ketika suatu hal besar datang menghampiri satu saat nanti.

Kita tak pernah tahu kapan "suatu saat nanti" akan datang. Bisa besok, dua hari lagi, minggu depan, atau mungkin tahun depan. Namun satu hal yang pasti, lakukan dengan baik setiap hal kecil yang bisa kita lakukan. Tidak banyak orang yang mau mempersiapkan dirinya sebelum kesempatan datang. Masih banyak yang masih memegang pemikiran bahwa "pasti ada kesempatan kedua".

Hey, why are you waiting for second chance if you can win in the first time?

Satu-satunya hal yang dapat membuat kita menang ketika kesempatan datang adalah dengan persiapan. So, prepare yourself. Jangan menjadikan diri cuek dengan hal-hal kecil. Sebaliknya, lakukan dengan baik setiap hal sehingga bisa mempersiapkan kita menghadapi kesempatan besar di depan.

Because we never know where an opportunity can bring us...


No comments:

Post a Comment