Tuesday, May 8, 2012

#SepenggalSelasa - Kita Bicara Tentang Mengucapkan Terima Kasih


Kapan terakhir kali kata 'terima kasih' terucap dari mulut kita? Apakah kita lebih memilih diam dan bermuka datar daripada memakai satu detik kita untuk tersenyum dan mengucapkan kata terima kasih?

Kata terima kasih seringkali kita tujukan kepada orang lain yang bersedia membantu kita dalam melakukan sesuatu. Kata ini juga menjadi wajib diucapkan ketika kita mendapat sebuah pemberian dari pihak lain. Nyatanya begitu banyak kesempatan bagi kita untuk mengucapkan kata terima kasih, namun penelitian pernah menyatakan bahwa kata 'terima kasih' merupakan salah satu kata yang paling sulit diucapkan oleh seseorang. Apa yang menyebabkan begitu banyak orang menganggap tabu kata ini?

Think about this: how can the other people do respect us if we can't respect them first in every tiny thing they do?

You will not be respected in your big thing you do if you can't respect the other for a  small thing.

Sebagai seorang yang berkarir di bidang pelatihan, saya belajar bahwa sebuah kata 'terima kasih' dapat menjadi sebuah reinforcement positif bagi seseorang dan dapat menstimulasi orang tersebut untuk melakukan hal baik secara berkesinambungan. Perlu sebuah kedewasaan untuk mengucapakan kata 'terima kasih' secara tulus kepada orang lain.

Ya, ini serius. Butuh cukup kedewasaan untuk mengucapkan 'terima kasih' secara tulus kepada seseorang. Kita mudah memberi penghargaan kepada orang yang telah berkontribusi besar bagi hidup kita. Namun agaknya sulit untuk memberikan penghargaan kepada orang yang membantu kita dalam hal kecil. Bagaimana dengan kita?

Just smile and a little thank you can make a great differences in someone's life.

Renungkan ini: jika sebuah kata 'terima kasih' sangat berperan penting dalam kehidupan seseorang, maka hal tersebut juga menjadi penting bagi kita, bukan?

Mungkin telah terbiasa kita mendengar sebuah ucapan terima kasih atas hal yang kita lakukan dari orang lain. Sudah lumrah ditelinga kita kata 'terima kasih' mendarat atas kita. Banyak dari kita tidak khawatir atas kata tersebut. Tapi pernahkah kita mengucapkan terima kasih atas diri kita sendiri?

When the last time you say to yourself: "hey me, thank you."?

Thank you for keeping me strong in every obstacle we had.
Thank you for keeping me healthy and stay away from all dangerousness.
Thank you for hard work so we can catch up this way.
Thank you for all tears that make me realize about the meaning of life.
Above all, thank you for accepted me all I am.
Thank you.

Pernahkah kita mengambil sedikit waktu kita setiap harinya untuk memberikan sedikit penghargaan atas apa yang diri kita lakukan?

Satu menit berterima kasih, berdampak besar bagi hidup kita.

Maybe this is not a good note that written systemically, but I hope this note can inspire you to take a minute to say 'thank you' for yourself. So, just close your eyes and start thanking yourself.


No comments:

Post a Comment