Tuesday, May 15, 2012

#SepenggalSelasa - Kita Bicara Tentang Kebahagiaan


Beberapa minggu ini, saya disuguhkan dengan beberapa wacana mengenai kebahagiaan.  Mulai dari buku berjudul "delivering happiness" yang saya baca, hingga cerita hidup beberapa teman mengenai kebahagiaan yang ia tuju dalam hidupnya. Saya sendiripun merasakan sebuah kebahagiaan kecil yang belum lama dimulai dalam kehidupan saya sekarang, dan kebahagiaan tersebut dipercik dari tempat kantor dimana saya bekerja.

Hari ini saya tak banyak menyinggung tentang pekerjaan yang saya geluti. Suatu saat saya akan banyak menceritakannya disini. Namun, yang menjadi perhatian saya sekarang ialah mengenai kebahagiaan.

Coba berpikir sejenak, sebenarnya untuk apa kita bekerja? Untuk apa kita mengentaskan pendidikan yang sedang kita jalani sekarang? Untuk apa kita menjaga kesehatan kita sedemikian rupa? Untuk apa kita mencoba mencari seorang pasangan hidup demi masa depan kita?

In the end, it turns out that we're all taking different paths in pursuit of the same goal: happiness.

Kebahagiaan adalah sebuah hal yang sama yang kita kejar dalam kehidupan ini. Kebahagiaan adalah dasar dari semua hal yang kita lakukan, bukan? Cobalah sejenak merenungkan jawaban dari semua pertanyaan di atas. Pada dasarnya, jika kita terus tanya "mengapa" kita melakukan sesuatu hal yang dirasa baik dalam hidup kita, akhir pernyataannya ialah karena kita ingin bahagia.

Ya, karena kita merindukan sebuah kebahagiaan dalam hidup kita. Tak ada satu manusiapun yang tak ingin merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Tak ada satupun dari kita yang menganggap remeh sebuah kebahagiaan.

Happiness is really a BIG deal!

Now, the question is: are you happy?  Are you really pursuit some happiness in whatever you do? Or you just do daily routines without reaching anything in the end?

Beberapa teman menyatakan bahwa ia tidak merasa bahagia dalam hidupnya. Kuliahnya yang berantakan, teman-teman yang meninggalkannya, keluarga yang tidak peduli padanya. Ia merasa bahwa tak ada lagi kebahagiaan yang bisa ia capai. Betulkah itu?

Remember one thing: happiness come from inside not outside.

Film Will Smith yang berjudul pursuit of happiness mengingatkan saya akan hal tersebut. Lingkungan mungkin tak sejalan dengan apa yang kau inginkan, namun satu hal yang pasti, kau masih dapat mengejar kebahagiaan.

Kebahagiaan bukan berbicara mengenai seberapa banyak uang yang kau punya. Bukan pula berbicara mengenai jabatan apa yang kau jalani sekarang. Dengan jelas, kebahagiaan berbicara mengenai seberapa kau bersyukur dengan apa yang kau punya dan sedang kau lakukan sekarang.

Now think it seriously, Are you happy? I mean, really happy with your life? Really happy with all you have? Really happy with all you are?

If the answer is yes, then share your happiness with the other. Because like Buddha says: "thousands of candles can be lit from a single candle, and the life of the candle will not be shortened. Happiness never decreases by being shared."


No comments:

Post a Comment