Tuesday, May 22, 2012

#SepenggalSelasa - Kita Bicara Tentang Kesempatan #1


Kesempatan adalah tema yang besar bagi saya. Setiap saat dalam hidup, kita dihadapkan pada kesempatan-kesempatan yang mungkin akan memengaruhi hidup kita. Kesempatan-kesempatan yang mungkin daripadanya perubahan hidup kita dimulai. Hampir tak mungkin dalam hari yang kita lalui tak tersimpan kesempatan yang dapat kita gunakan.

The question is: do you really aware with all opportunities that came in your life? Or you just run your day over and over without realize anything?

Kesempatan seringkali datang dengan cara yang tidak terduga. Bahkan terkadang datang bersamaan dengan hal kecil yang biasa kita sepelekan. Cuek menjadi pilihan bagi kita terhadap hal-hal kecil tersebut. Namun kita selalu menggambarkan kesempatan sebagai sebuah hal atau kejadian besar yang bisa kita lihat, bisa kita rasakan sepenuhnya, sehingga kita banyak tidak memerdulikan sebuah kesempatan kecil yang mungkin memberi pengaruh besar bagi hidup kita.

Salah satu film favorit saya, Evan Almighty, merupakan sebuah film yang juga mengajarkan kepada saya mengenai sebuah kesempatan. Dimulai dengan seorang tokoh bernama Evan yang mencalonkan diri sebagai seorang kongres di Amerika dan berdoa kepada Tuhan agar membantunya untuk dapat mengubah dunia. Kemudian Tuhan menggunakan cara yang sangat tidak biasa untuk membantu Evan menjadi seorang pengubah dunia.

Pelajaran yang saya ingin bagikan bukan berada di poin tersebut. Pelajaran mengenai kesempatan datang ketika keluarga tersebut tidak lagi dapat bertahan dengan apa yang dilakukan Evan. Satu demi satu hal mulai menjadi alasan dalam memicu konflik keluarga, hingga pada satu saat sang istri tak lagi tahan dan memilih untuk meninggalkan Evan sendirian.

Dalam satu momen makan siang, Morgan Freeman yang mengambil peran sebagai Tuhan menyatakan hal yang sangat baik mengenai kesempatan kepada istri Evan yang berencana meninggalkannya, dan pembelajaran inilah yang ingin saya bagikan.

Just reflect with these questions: If someone prays for patience, you think God gives them some patience? Or does He give them the opportunity to be patient?
 If someone pray for courage, you think God gives them courage immediately? Or does He give them an opportunity to be courageous?
And if someone pray for their family to be closer, you think God zaps them with warm fuzzy feelings? Or does He give an opportunity to love each other?

Kesempatan. Sebuah peluang yang datang disaat - mungkin bagi kita - tidak tepat, namun sebenarnya dapat mengubah cara pandang kita. Arah hidup kita. Hanya kita yang terkadang sulit melihat sebuah kesempatan dalam masa sulit hidup kita.

Sekarang, apa masa sulit yang sedang kita hadapi? Kuliah, pekerjaan, keluarga, keuangan, persahabatan, hubungan? Mungkinkah di dalam masa tersebut, Tuhan sedang menyisipkan sebuah kesempatan bagi kita? Kesempatan bagi doa yang kita gumamkan kepadaNya.

Tinggal giliran kita yang menentukan sikap bagi kesempatan yang Tuhan berikan itu.

Karena kesempatan seringkali datang diluar bayangan kita, dan tidak semua hal yang datang untuk memproses kita karena sebuah kebetulan. Mungkin itu adalah jawaban dari doa kita. Sebuah kesempatan untuk memperjuangkan apa yang kita pinta.


No comments:

Post a Comment