Thursday, March 8, 2012

Surga Itu Cuma 8 Jam Dari Kampus Gue ~ Part 1



Namanya Sawarna.


Sebuah pantai di bilangan ujung Banten itu emang udah jadi tujuan gue semenjak awal tahun lalu. Beberapa kali gue ajak temen-temen yang emang niat travelling dan berujung sama kata “nggak jadi deh” atau “kapan-kapan aja yah”.  Jawaban klasik.


Tapi sekarang beda. Pecinta alam fakultas gue adain jalan-jalan bareng untuk eksplor pantai eksotis yang belum banyak dikunjungin orang itu. Gue akhirnya ke Sawarna…


Jam 10 malem, gue beserta temen-temen psikologi lainnya berangkat naik bus AC dari kampus gue di Atma Jaya Sudirman. Excitement yang dirasakan bener-bener luar biasa banget. Apalagi buat gue. Sawarna adalah tempat yang pengen banget gue singgahi sebelum gue mati nantinya. Salah satu tempat di Indonesia yang harus, kudu, musti gue datengin buat salurin rasa cinta gue sama negeri ini. Buat gue percaya bahwa dunia salah bilang kalo Indonesia itu jelek. Buat gue bisa melihat dengan mata kepala gue sendiri keindahan negeri yang selama ini kasih kehidupan buat gue. Buat gue merasa gak salah bangga sama Indonesia. Buat gue bisa melihat sejuta hal yang gak akan bisa gue tahu kalo cuma lihat Indonesia dari media. Gue mau tambah kebanggaan gue sama Indonesia, dan gue mau dikenal sebagai warga negara yang gak cuma menikmati indahnya ibukota, tapi juga pelosok nusantara. Dan kali ini, gue akan jelajahi Sawarna…


Perjalanan ke ujung Banten harusnya selesai ditempuh dalam waktu 8 jam. Tapi supir bus yang bawa kita itu emang udah dewa banget sama kecepatannya kalo di jalanan. Agak ngeri emang ngebutnya, tapi aman-aman aja sih. Alhasil kita sampe ke desa Sawarna itu Cuma 7 jam 15 menit. Itupun udah termasuk setengah jam berhenti buat ke WC dan istirahat makan pop mie. Boong kalo bilang pantat gak pegel. Kalo bisa dilepas, boleh kali tuh gue lepas dulu tuh pantat. Pegelnya poll banget dah. Emang penuh perjuangan ya kalo mau ke tempat yang sempurna…


Jalan masuk ke desa dimana gue akan tinggal gak sembarangan. Gue beserta temen-temen gue harus melewati satu-satunya jembatan gantung yang menghubungkan jalan raya sama desa tempat gue tinggal. Masih bagus sih emang jembatannya, tapi ya tetep aja ngeri karena gue hampir gak pernah naik jembatan sepanjang itu dan bener-bener rasain yang namanya pijakan goyang pas jalan. Agak ngeri juga naik jembatan gitu jam 5 pagi. Masih gelap banget dan cuma dituntun sama cahaya senter. Pelan-pelan akhirnya gue berhasil lewatin jembatan itu. Untuk sampai di homestay tempat gue tinggal, gue masih harus jalan kurang lebih 15 menit ke dalem desa. Gak banyak yang bisa diliat karena memang matahari belum muncul dan listrik sangat minim di desa itu. Alhasil, cahaya senter juga yang nememin gue dan temen-temen gue sepanjang perjalanan ke homestay. Dinamain homestay karena tempat itu ingin dijadikan penduduk gak hanya sebagai tempat persinggahan, tapi juga bisa dianggap rumah sendiri sama pengunjung. Bener-bener salut sama keramahan warga Sawarna.




Kurang lebih jam 6 pagi gue udah nempatin homestay yang disediakan buat gue dan 5 temen gue lainnya. Bentuknya kayak kamar yang cukup gede dan isinya cuma ranjang dan lemari doang. Cukup lah buat ber-6. Ada kamar mandi pula. Manteb nih tempatnya.


Jam 6 pagi itu pas banget sama naiknya matahari di tengah gunung yang menjulang di hamparan Sawarna. Tepat di belakang homestay gue, tersajikan pemandangan indah pertama gue di Sawarna. Luasnya sawah padi nan hijau dan diujung pandang ada dua gunung yang menjulang tinggi. Sambil sedikit ditutupi kabut, matahari pelan-pelan mulai terbit tepat ditengah-tengah gunung. Pemandangan itu jelas tepat seperti coretan gambar anak-anak ketika diminta menggambar sebuah pemandangan ketika di taman kanak-kanak. Mungkin inilah realitas dari coretan pensil yang pernah gue buat dulu sewaktu TK. Hari itu gue gak sedang menggambarnya. Hari itu gue bener-bener menikmati indahnya hamparan hijau dan rona kekuningan yang muncul pelan-pelan dari balik gunung. Gue bener-bener tertegun dibuatnya. Gue pikir gue cuma bisa liat itu semua di buku gambar, tapi ternyata nggak.




Pagi itu adalah pagi terindah sepanjang hidup gue. Dan beruntung gue merasakannya di Sawarna.


Gak lama berselang, gue dan teman-teman lain dikumpulkan di pantai Sawarna yang ternyata deket banget sama homestay dimana gue tinggal. Cuma jalan kaki sekitar 5 menit, dan whoala pasir putih dan laut yang masih biru tersajikan langsung di depan mata gue. Ujung ke ujung cuma ada pantai, pantai, dan pantai. Karang menjulang tinggi dan banyaknya pohon kelapa membuat pemandangan itu jadi semakin eksotis. Gak salah banyak media mengekspos pantai ini jadi salah satu pantai terbaik di Indonesia. Dan gue menjadi salah satu orang yang terpukau karenanya.


Karena perjalanan ini diusung oleh pecinta alam, bisa dibilang mereka itu panitianya. Mereka yang atur kami, para peserta harus melakukan apa aja selama di Sawarna. Nah, di pantai itu kami di briefing tentang apa aja yang bakal kita lakuin selama 3 hari di sana. Ternyata hari itu akan dimulai dengan perjalanan menyusuri tempat-tempat indah dengan cara amazing race. Kami dikelompokkan menjadi 5 kelompok yang terdiri dari 5-6 orang. Gue masuk satu kelompok sama @marlinrusli @riri @deztvyl @chandra yang akhirnya memutuskan untuk menamai kelompok kami sebagai kelompok yuyukangkang…


Setelah dibagi kelompok dan briefing, kami kemudian balik ke homestay buat siap-siap perlengkapan jalan dan juga sarapan pagi. Bekal makan siang juga harus disiapkan buat makan nantinya di perjalanan. Sekitar jam setengah 9 pagi, gue beserta teman-teman lainnya udah kumpul lagi di pantai dan bersiap mengarungi Sawarna… 


Penentuan tim pertama jalan dilakukan dengan cara permainan pantai, yaitu voli pantai. Baiklah, gue terakhir main voli itu pas 2 SMA dan itupun gak dilakuin di pantai. Sempet shock tapi bener-bener merasa exciting karena gue belom pernah melakukan hal itu sebelumnya.


Singkatnya, kelompok gue sial mendapat giliran terakhir buat jalan. Tapi itu jelas jadi keuntungan tersendiri, karena kelompok gue bisa banyak menikmati pantai terlebih dahulu sambil foto-foto girang sama ombak pantai. What a beach!!!








… Dan perjalanan amazing race mengarungi Sawarna gue dimulai. Daripada dikatakan mengeksplor pantai, menurut gue lebih tepat dibilang mengeskplor sebuah surga.

2 comments:

  1. lalu2? crita yg laennya lagi mana frank? huahahaa...xP

    ReplyDelete
  2. Akan di-pos kan sebentar lagi.. Terima kasih sudah menunggu ya Del.. :)

    ReplyDelete