Wednesday, February 26, 2014

Sebuah Langkah Awal Berbisnis



Wise man said that the best inspiration is the inspiration that been shared.

Kita semua kenal Pak Ciputra. Seorang pebisnis besar yang telah mengembangkan begitu banyak perumahan yang luar biasa sukses dan menjadi pengusaha properti yang cukup disegani di dunia. Selain itu, pengusaha yang biasa dipanggil Pak Ci ini mulai berkiprah di bidang pendidikan dan mengembangkan sebuah sekolah bisnis yaitu Universitas Ciputra.
Karena perkembangan teknologi dan modernisasi, Universitas Ciputra mulai melebarkan sayapnya dengan mengadakan sekolah online, yang dikenal dengan Universitas Ciputra Entrepreneur Online (UCEO). Beberapa minggu yang lalu, dimulai sebuah program baru bernama T100 atau Tumbuh 100x dimana Pak Ciputra ingin membagikan inspirasi bagi para pengusaha untuk memiliki mindset yang bertumbuh (growth mindset) agar bisa mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Menurut survey, sebuah negara menjadi negara maju saat negaranya memiliki setidaknya 4% wirausaha dari total jumlah penduduknya. Sebagai gambaran, Singapura memiliki 7,2% wirausaha, Malaysia memiliki 4% wirausaha, sedangkan Indonesia hanya 1,56% wirausaha dari total jumlah penduduknya.

Oleh sebab itu, keberadaan Pak Ciputra dan para pengusaha lainnya yang tergabung dalam program T100 menjadi penting agar para pengusaha mulai untuk serius mengembangkan bisnisnya, sekaligus membuat para pemula bisnis untuk berani mengambil langkah dengan memiliki pola pikir yang benar terhadap bisnis.

Saya pribadi merupakan pebisnis pemula. Saya memiliki brand printing saya sendiri. Namun masih belum memiliki tempat sendiri untuk akhirnya bisa menyatakan kepemilikan saya atasnya. Selama ini, saya tidak pernah mendalami ilmu wirausaha, saya hanya banyak mendengar cerita dari teman-teman para wirausaha dan meihat bagaimana mereka berjuang. Kali ini saya mencoba belajar mengenai ilmu wirausaha dari program T100 ini. Pembelajaran mengenai pengembangan usaha yang saya dapat beragam. Dimulai dari pola pikir untuk bertumbuh, berani bermimpi, dan yang paling penting berani untuk memulai.

Sedikit bercerita mengenai bisnis yang saya bangun, saya memulai bisnis percetakan tersebut sedari saya kuliah. Dimulai dari peluang mengenal industri percetakan termurah di Jakarta, hingga saya memilih membuat brand saya sendiri sebagai pemberi jasa percetakan yang memberi nilai tambah kepada orang lain. Namun sayangnya, saya hanya menjadikan bisnis saya ini sebagai sambilan dan bukan sebagai bisnis inti.
Dari pembelajaran di T100 ini membuat saya semakin yakin bahwa wirausaha besar selalu dimulai dari mindset yang besar dan tidak takut untuk mengambil langkah maju. 

Saya? Ya saya sadar belum memiliki pola pikir itu sepenuhnya. Saya masih takut untuk mengambil langkah pasti untuk mengembangkan bisnis saya. Oleh sebab itu saya ingin belajar. Oleh sebab itu saya mencari tahu. Saya beruntung dikelilingi orang-orang yang tidak ragu memberikan pengetahuannya agar orang lain juga bisa sukses seperti mereka. Dari mereka saya belajar memiliki pola pikir untuk berkembang. Dari mereka saya belajar untuk memulai. Dan dari mereka saya belajar untuk memberi nilai berbeda.

Berbisnis menjadi mimpi saya semenjak kuliah. Dunia saya bukan di kantor milik orang lain. Saya harus punya bisnis saya sendiri. Saya harus punya kantor saya sendiri. Dan untuk mencapai kesana, saya harus berani untuk memulai. Dan sebelum memulai, saya perlu punya pola pikir yang benar mengenai bisnis yang berkembang.

Maybe this is only a little step, but for me, I'm really sure that this small step will take me to the summit of success mountain. Just wait me there. 

3 comments:

  1. Mari menjadi bagian dari yg 4% itu, bersama T100, mewujudkan Indonesia sejahtera!

    ReplyDelete
  2. Semangat terus, salam Entrepreneur :)

    ReplyDelete